Featured Posts

Prospek Bisnis

Peluang Usaha Makanan

usaha makanan atau bisnis kuliner boleh di bilang tidak ada matinya. selama manusia masih hidup, selama itu pula manusia membutuhkan makanan. apalagi dalam jumlah jutaan penduduk indonesia, yang merupakan sebuah market yang besar. bisnis makanan juga dapat di lakukan di mana saja, tentu peluang usaha makanan ini tidak boleh disia-siakan.

saat ini begitu maraknya orang membuka usaha kuliner. bila anda di sepanjang jalan protokol dimana banyak bermunculan usaha kuliner baik berupa rumah-rumah makan baru yang menawarkan beragam dan beraneka ragam jenis makanan atau berupa usaha kuliner lainnya.

banyak dari mereka yang tidak mempunyai latar belakang usaha bisnis kuliner namun ikut terjun di dunia ini. jadi, jika mereka bisa, kita juga pasti bisa dong ? mereka yang berhasil dalam mengelola usaha kuliner mengganggap membuka dan menjalankan usaha kuliner bukanlah hal yang gampang. butuh usaha dengan kerja keras, usaha yang dijalankan selama 12 jam dalam sehari 7 hari dalam seminggu.

bisnis kuliner adalah rangkaian kegiatan yang secara terus menerus melibatkan semua bidang pengadaan, peralatan, dan bahan mentah, kontrol kualitas untuk bahan dan produksi, standarisasi resep dan proses, berurusan dengan segi hukum, promosi, keluhan pelanggan, dekorasi, identitas dan citra, penanganan pegawai, strategi harga, variasi dan inovasi menu, serta masih banyak lagi. bagi para pencinta makanan alias hobi makan, peluang usaha makanan pasti bisa menjadi salah satu pilihan bagi kita yang ingin memulai usaha. suatu usaha akan dapat maju dan berkembang jika berangkat dari sebuah hobi. hobi makan, usaha kuliner tentu menjadi pilihannya.
 memulai usaha Warung makan memerlukan kejelian dalam merancang apa yang akan di lakukan. beberapa aspek yan perlu diperhatikan :
  1. Belajar ke orang yang sudah ahli : untuk memulai usaha kuliner/makanan, seseorang harus bisa menghimpun informasi dari orang-orang yang telah menekuni bisnis yang ingin dilaksanakan. jangan mentang-mentang karena hobi yang mengandung harga jual, kita langsung saja memulainya.
  2. Kapabilitas atau kemampuan : baik dan tidaknya sebuah usaha kuliner ditentukan oleh kemampuan kita menjalankan usaha. oleh karena itu, setidaknya anda harus yakin memiliki kemampuan di jenis usaha yang anda pilih. meski kemampuan ini bisa ditingkatkan dengan belajar, namun alangkah lebih baik jika memulai usaha dengan sesuatu yang kita memang sudah memiliki kemampuan di bidang tertentu.
  3. Segeralah memulai : langkah terberat memulai usaha adalah melakukan langkah pertama. jika punya niat untuk berbisnis kuliner maka bersegeralah. jangan ditunda lagi dan segeralah memulai
  4. Membentuk tim usaha : tim usaha adalah orang-orang yan akan membantu mewujudkan mimpi kita untuk memulai usaha kuliner. pada tahap awal tim bisnis kuliner dapat memanfaatkan tenaga yang ada, mulai dari kita, pasangan, anak, kerabat, pembantu, dan sahabat. jika sudah maju maka kita bisa merekrut tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan.
  5. Modal :  ternyata membuka usaha kuliner tidak harus dimulai dengan usang berjuta-juta. kita dapat memulai dengan modal 100 ribu, 500 ribu, atau lebih besar dari itu yang berasal dari tabungan pribadi atau sumber-sumber lain.
  6. Disiplin : dalam segala hal, disiplin terhadap aturan main yang sudah ditentukan memiliki peranan penting dalam menentukan berhasil tidaknya seseorang di kemudian hari. semua berangkat dari kedisiplinan terutama disiplin diri.
  7. Berani menerima tantangan : ambil setiap kesempatan yang nampak di depan mata karena kesempatan tidak akan datang dua kali atau mungkin saja kesempatan itu merupakan awal dari keberhasilan bisnis yang akan dilakukan. resiko ? itu urusan belakangan. prinsip yang dijadikan cambuk adalah, bila orang lain bisa, kenapa kita tidak ?
dengan mempunyai kepercayaan seperti ini maka kita akan dapat merintis usaha makanan sedikit demi sedikit. awal yang baik tentu akan membuahkan hasil yang baik pula bila diikuti dengan kesungguhan dan kerja keras.

Produk


Produk yang disediakan oleh WM. Sederhana digolongkan ke dalam dua jenis yaitu makanan dan minuman . adapun menu yang ditawarkan oleh Warung Makan Sederhana Palu adalah sebagai berikut :


-          Ayam Bakar Panggang
-          Ikan Bakar (Batu & Bandeng)
-          Sate (Ayam & Sapi)
-          Sup Tulang
-          Nasi Campur
-          Jus Jeruk
-          Sirup
-          Kopi
-          Teh
-          Aneka Minuman
-          Aneka Kerupuk

Supplier

mencari pemasok bahan makanan yang murah tentu penting sifatnya. dengan pasokan barng murah kita akan bisa menekan harga jual atau mendapatkan keuntungan lebih. tapi ingat, jangan membeli barang murah dengan kualitas jelek. pilihlah kualitas bagus dengan harga lebih murah. pencarian bisa di lakukan dipasar, di took grosir terdekat, atau pedagang keliling. keuntungan pedagang keliling adalah barang di antar kerumah dan bisa mendapatkan pembayaran tunda. tapi fasilitas ini pun bisa di dapat di pasar atau pedagang grosir untuk jarak yang tifak terlalu jauh.


Konsumen


Dari semua kegiatan promosi yang ada, terkadang promosi dari mulut ke mulut adalah yang bisa dikatakan paling efektif ,efesien dan tanpa biaya. Efek dari promosi masih jauh lebih ampuh, karena biasanya ditambahi dengan bumbu sana-sini. Tentu saja informasi usaha anda akan terus berkemban pesat. Disini promosi merupakn sarana untuk memperkenalkan produk usaha pada calon pelanggan. Setelah anda berhasil menggaet pembeli, jadilah pembeli tersebut menjadi pelanggan setia anda. Jangan kecewakan mereka yang sudah pernah membeli produk atau jasa anda. Tanyakan respon mereka tentang poduk anda. Dengan mendengar keluhan dan masukan dari mereka, andapun mendapat kesempatan untuk melakukan perbaikan.


Sarana pomosi disini wajib hukumnya. Jangan bosan-bosan untuk menyebar brosur produk atau katalog menu masakan, memasang spanduk di tempat-tempat yang strategis, sampai bagi-bagi voucher gratis di bulan-bulan tertentu. Urusan menu juga perlu di perhatikan, Seamakin beragam jenis menu yang anda tawakan maka semakin orang berminat untuk datang kewarumg anda. Deanag menyediakan menu beragam, setiap orang bisa berganti menu dan setiap hari bisa menjadi pelanggan. Jika memungkinkan, usaha warung anda melayani tidak hanya rasa yang enak tapi juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Hal ini lah yang merupakan kunci sukses usaha warung makan.


biasanya target pasar dalam bisnis warung makan mencakup semua kalangan masyarakat mulai dari kalangan menengah keatas sampai masyarakat menengah ke bawah.


Pesaing

persaingan dalam bisnis warung makan atau restaurant merupakan bisnis yang kompetitif dengan perkembangan yang sangat cepat, sehingga warung makan sederhana akan terus mengawasi pergerakan dari kompetitornya agar dapat survive dalam bisnis.


pendatang baru

terdapat barier to entry bagi pendatang baru dikarenakan biaya pengembangan produk yang cukup besar untuk memulai bisnis.

 

Subtitusi


subtitusi lebih mengarah ke produk atau makanan luar yang ada di daerah pusat kota, tetapi Warung makan sederhana dengan image yang dimiliki tersendiri maka tidak perlu mengkhawatirkan subtitusinya

0 komentar:

Posting Komentar